Jumlah dan Pertumbuhan Penduduk

Berdasarkan data dari Dinas Kependudukan dan Tenaga Kerja Kabupaten Tambrauw, jumlah penduduk Kabupaten Tambrauw di 7 Distrik pada tahun 2011 sebanyak 9.771 jiwa yang terdiri dari 5.309 penduduk laki-laki dan 4.462 penduduk perempuan. Adapun jumlah penduduk terbesar berada di Distrik Sausapor yaitu sebanyak 3.431 jiwa, dan jumlah penduduk terkecil berada di Distrik Abun sebesar 714 Jiwa.

PendudukKabupatenTambrauw

Diagram Jumlah Penduduk Kab. Tambrauw berdasarkan Jenis Kelamin
(Sumber: Dinas Kependudukan dan Tenaga Kerja Kab. Tambrauw, 2012)

Tingginya jumlah penduduk di Distrik Sausapor disebabkan Distrik Sasusapor memiliki sarana transportasi yang memadai, infrastruktur yang cukup bagus, memiliki aktifitas yang cukup tinggi, keadaan sosial ekonomi yang lebih baik dibanding distrik yang lain, dan pusat pemerintahan yang untuk sementara diletakkan di Distrik Sausapor.

Dilihat dari jumlah Kepala Keluarga (KK), total  keluarga  di  Kabupaten Tambrauw sebanyak  3.469 KK,  dengan jumlah keluarga terbanyak di Distrik Sausapor. Sedangkan perbandingan antara jumlah penduduk dengan jumlah keluarga  di  Kabupaten Tambrauw adalah 2,8 jiwa/KK, hal ini menunjukkan bahwa  rata-rata  tiap keluarga  di  Kabupaten Tambrauw terdiri dari bapak, ibu dan 1 (satu) orang anak.

Jumlah penduduk dan keluarga Kabupaten Tambrauw
(Sumber: Dinas Kependudukan dan Tenaga Kerja Kabupaten Tambrauw, 2012)

Diagram Distribusi Penduduk Kabupaten Tambrauw
(Sumber: Dinas Kependudukan dan Tenaga Kerja Kab. Tambrauw, 2012)

Dalam kurun 2010–2011 jumlah penduduk di Kabupaten Tambrauw meningkat pesat dengan laju pertumbuhan sekitar 59.03%, hal ini disebabkan adanya migrasi penduduk dari kabupaten-kabupaten di sekitar Tambrauw akibat pemekaran.

Diagram Perkembangan Jumlah Penduduk Kabupaten Tambrauw dalam kurun 2010-2011
(Sumber: Tambrauw Dalam Angka, 2011;Dinas Kependudukan dan Tenaga Kerja Kab. Tambrauw, 2012)